Seminar dan Jurnal

Hari-hari kami di Kelas Beasiswa Kominfo 2015 pada program studi S2 Komunikasi Universitas Sebelas Maret terus berjalan. Perkuliahan kami ikuti sesuai jadwal yang ditentukan. Namun begitu, ada dua kata yang masih menggelayuti benak kami dalam beberapa hari terakhir ini. Seminar dan jurnal, itulah dua kata tersebut.

Ya, semester ini kami akan menyelesaikan seluruh mata kuliah teori di S2 Komunikasi UNS. Dan semester depan kami sudah mulai menyusun tesis, yang dimulai dengan penyusunan proposal tesis. Proposal tesis bisa saja kami susun, namun kewajiban memasukkan naskah ke seminar nasional atau internasional dan menulis di jurnal nasional terakreditasi mengganjal di pikiran kami. Dua syarat itu telah diberlakukan sejak 2016 ini bagi siapapun mahasiswa S2 yang ingin menyusun tesis, atau tepatnya bagi yang ingin menggelar seminar hasil penelitian untuk penulisan tesis.

Lalu? Tetap dengan tekad “Semangat Belajar” kami akan menjalani kewajiban tersebut. Biarlah waktu yang akan mengantarkan kami ke titik tersebut, dan kami yakin, kami semua 15 pegawai negeri yang saat ini tengah menjalani studi, akan mampu melewatinya.

Semangat Belajar. Seminar dan Jurnal akan semakin menyemangati kami. Bisa.

Tinggalkan komentar